Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

02 May 2008

Spring plegue pada kodok lembu

Gejala

Gejala spring plegue ditandai dengan adanya perubahan warna tubuh bullfrog menjadi pucat dan kemudian menjadi lemas. Penyakit yang dikenal sebagai wabah musim panas sering berjangkit di daerah subtropics, tetapi terkadang terjadi pula di daerah tropis seperti Indonesia.

Penyebab

Penyakit ini disebabkan oleh Bacterium ranicida yang merupakan bakteri gram negatip. Bentuknya seperti batang dan berukuran 1-3 mikron. Bateri ini akan tumbuh cepat pada suhu 30 o C dan akan mati pada suhu 37 o C. Bakteri ini dapat menyerang berbagai bagian tubuh.

Pengendalian

Sampai sekarang belum ditemukan jenis obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Sebagai pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga lingkungan kandang agar tetap baik, terutama kualitas airnya dan air yang digunakan harus air bersih. Upaya lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan bullfrog yang terserang, dan kalau perlu memusnahkannya.

Daftar pustaka :