Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

30 May 2008

Budidaya nila merah (teori dan praktek.)

Nila merah (Oreochromis sp.) terdengar sangat asing. Namanya jarang terdengar. Orang lebih banyak menyebut nila hitam, karena nila hitam lebih memasyarakat. Meski tidak sepopuler nila hitam, tetapi (Read more)


1. KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI

Atas dasar kebiasaan makan, ikan dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu herbivore, karnivora dan omnivora. Herbivor adalah ikan pemakan tumbuhan, seperti gurame dan tawes. Karnivor adalah ikan pemakan daging, seperti ikan lele dan (Read more)


2. KEBIASAAN MAKAN

Atas dasar kebiasaan makanan atau food habit, ikan dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu herbivore, karnivora dan omnivora. Herbivor adalah ikan pemakan tumbuhan, seperti gurame dan tawes. (Read more)


3. SIKLUS HIDUP DAN PERKEMBANGBIAKAN

Siklus hidup ikan nila merah melewati lima fase kehidupan, yaitu telur, larva, benih, konsums dan induk. Ciri setiap fase berubah. Demikian juga dengan bentuk dan ukuran tubuh serta sifat-sifatnya. (Read more)


4. SYARAT LAHAN

Lahan nila merah adalah tanah yang digunakan untuk membangun fasilitas budidaya nila merah. Tanah itu harus memenuhi tiga persyaratan pokok, yaitu persyaratan teknis, sosiologis, dan ekonomis. (Read more)


5. MEMBUAT KOLAM

Kolam bisa diartikan suatu genangan air yang sengaja dibuat manusia yang keadaannya dapat dikendalikan. Kolam harus memenuhi tiga persyaratan, yaitu dapat menampung air dalam volume yang besar (Read more)


6. MEMBUAT KERAMBA JARING APUNG

Nila merah dapat dipelihara di keramba jaring apung. Pemeliharaan ini dilakukan sejak benih hingga konsumsi, atau ukuran ikan yang siap untuk dimakan. Selain itu jaring terapung juga sering digunakan untuk memelihara nila merah (Read more)


7. MEMBUAT KOLAM AIR DERAS (KAD)

Nila merah juga bisa dipelihara di kolam air deras. Ciri khas KAD adalah ukurannya sangat sempit, jauh lebih sempit dari kolam tanah. Kolam tanah yang umum digunakan memiliki luas antara 500 – 1.000 m2. (Read more)


8. BENTUK-BENTUK KAD

Secara umum, KAD ada dua bentuk, yaitu segitiga, dan persegi panjang. Segitiga merupakan bentuk awal dari KAD, karena bentuk inilah yang pertama kali dikembangkan. (Read more)


9. KOLAM INDUK

Kolam induk adalah tempat untuk memelihara calon induk atau induk-induk yang baru dipijahkan atau induk yang sedang diistirahatkan. Kolam ini disebut juga kolam pematangan gonad. (Read more)


10. KOLAM PENDEDERAN DAN PEMIJAHAN

Kolam pendederan nila merah adalah tempat untuk memelihara larva yang baru habis kuning telurnya hingga benih mencapai ukuran yang siap di kolam pembesaran. Untuk mencapai ukuran tersebu, pendederan nila merah harus melewati tiga tahap kegiatan, (Read more)


11. INDUK NILA MERAH

Induk jantan betina nila merah dapat dibedakan dengan mudah. Caranya dengan melihat bentuk tubuh, warna dan alat kelaminnya. Nila jantan bertubuh lebih pendek atau agak membulat, warna tubuh agak cerah (Read more)


12. NANTIKAN ARTIKEL SELANJUTNYA