Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

24 May 2008

Budidaya Ikan Betutu (teori dan praktek)

Betutu (Oxyeleotris marmorata) bukan ikan baru. Namanya sudah lama dikenal. Namun ikan ini tidak populer seperti ikan mas, nila dan lele. Karena konsumennya sangat terbatas, hanya golongan tertentu saja. 1(Read more)


1. KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI
Mengenal tubuh bagian luar adalah upaya untuk mengenal morfologi ikan betutu. Caranya dengan melihat bentuk tubuh, warna tubuh, dan organ-organ tubuh bagian luarnya. (
Read more)


2. HABITAT DAN PENYEBARAN
Tak sulit untuk mengetahui habitat atau tempat hidup ikan betutu. Karena betutu bukan ikan pendatang, tapi ikan asli Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan yang tenang, seperti danau, rawa, waduk, dan perairan tenang lainnya, terutama di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa. (Read more)


3. KEBIASAAN MAKAN
Agresif tidak dimiliki ikan betutu. Ikan ini fasif atau lebih banyak diam. Tak heran banyak orang yang menyebutnya ikan malas. Sifat ini berpengaruh pada kebiasaannya dalam memperoleh makanan, lebih banyak menunggu daripada membur
N (Read more)


4. SIKULUS HIDUP DAN PERKEMBANGBIAKAN
Betutu bukan ikan musiman. Ikan ini bisa bertelur sepanjang tahun, sehingga pemijahan bisa kapan saja, tidak tergantung musim, baik musim hujan maupun musim kemarau.
(Read more)


5. NANTIKAN ARTIEKEL SELANJUTNYA