Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

25 April 2008

INFO ILMIAH

1. GINOGENESIS
Induk murni ikan mas sulit dicari di Indonesia, atau mungkin sudah tidak ada lagi. Padahal keberadaannya sangat penting dalam dunia usaha. Karena dari induk yang murni dapat melahirkan keturunan yang rentan terhadap perubahan lingkungan dan juga tahan terhadap serangan penyakit. (Read more)


2. ANDROGENESIS
Keberhasilan budidaya ikan mas, terutama pada tahap pembesaran salah satunya ditentukan oleh kualitas benih. Karena benih tersebut dapat hidup dengan baik, tumbuh dengan cepat, serta tahan terhadap perubahan lingkungan dan serangan penyakit. (Read more)


3. PROSES PENETASAN TELUR IKAN MAS
Pemijahan ikan mas yang baik dapat merangsang induk betina untuk mengeluarkan telur, dan disusul dalam waktu yang cepat jantan turut mengeluarkan sperma. Pada saat itulah terjadi pembuahan. Menurut LAGLER et al., (1972) dan SUMANTADINATA, 1983, pembuahan (
Read more)


4. RADIASI TELUR

Radiasi telur atau sperma adalah salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan dalam pemurnian induk ikan mas. Menuturt CHERFAS, 1981), Radiasi adalah proses penyinaran dengan menggunakan bahan mutagen. Radiasi antara lain berfungsi untuk menon-aktifkan bahan-bahan genetik pada telur dan sperma. (Read more)

5. SPERMA IKAN MAS

Sperma didefinisikan oleh Harvery dan Hoar (1979) sebagai larutan spermatozoa yang berada dalam larutan seminal dan dihasilkan oleh hidrasi testes, atau salah satu bagian dari alat reproduksi ikan. (Read more)

6. TAHAPAN ANDROGENESIS
Androgenesis merupakan salah satu metode pemurnian ikan mas. Metode ini sudah banyak dilakukan oleh para ahli perikanan. Selain oleh para ahli juga oleh banyak mahasiswa, salah satu diantaranya adalah DODI SELAMET ROHADI, (Read more)


7. NANTIKAN INFO BERIKUTNYA