Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

05 May 2008

Budidaya Ikan Patin - Hormon perangsang

Hormon perangsang adalah larutan untuk merangsang keluarnya telur. Ada beberapa hormon perangsang yang sering digunakan untuk pemijahan buatan, di antaranya LHRH (luteinizing hormone releasing hormon), PG (pituary gland) atau lebih dikenal dengan hipofisa, HCG (human choironic gonadotropin), dan Ovaprim (merk dagang). LHRH analogue yang biasa dijual adalah dalam bentuk serbuk berwarna putih. Hormon tersebut dapat larut dalam air dan harus disimpan dalam tempat yang kering dan teduh.

Hipofisa (Pituary gland) merupakan suatu kelenjar dalam tubuh ikan yang dapat digunakan sebagai hormon perangsang dalam pemijahan buatan. Pada ikan mas, kelenjar ini terletak di bawah otak. Bila otak ikan diangkat maka kelenjar hipofisa secara mudah dapat terpisah dari hipothalamus.

Kelenjar hipofisa mengandung dua hormon, yaitu LH (Utilizing hormone) dan FSH. LH akan berfungsi sebagai pengatur ovulasi, sedangkan FSH berfungsi untuk meningkatkan perkembangan dan kematangan telur. Hipofisa yang digunakan dalam pembenihan buatan dapat berasal dari ikan sejenis atau dapat pula dari ikan mas. Kelenjar hipofisa ikan mas merupakan kelenjar yang dapat digunakan untuk semua jenis ikan (universal).