Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

02 May 2008

Penyakit kapas pada ikan

Gejala penyakit kapas pada ikan

Penyakit kapas pada ikan biasanya menyerang telur. Tanda yang bisa dilihat adalah telur-telur yang terserang nampak berwarna putih seperti ditumbuhi oleh benang-benang halus. Bila serangannya ganas nampak telur seperti ditempeli kapas dan dapat menyebabkan telur tidak menetas.

Penyebab

Penyakit kapas pada ikan ini disebabkan oleh jamur Saprolegnia. Penyakit ini timbul akibat pembuahan kurang sempurna dan suhu air di tempat penetasan terlalu dingin. Penyebab lainnya adalah suplay oksigen kurang.

Pengendalian

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan memijahkan induk-induk yang sudah matang gonad agar pembuahannya sempurna. Cara lainnya adalah dengan menaikan suhu di tempat penetasan, terutama dengan menurukna ketinggian airnya serta mengalirkan air secara kontinyu, meski sedikit.

Daftar Pustaka :