Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

01 June 2008

Budidaya Nila Merah - Beda jantan dan betina

Induk jantan betina nila merah dapat dibedakan dengan mudah. Caranya dengan melihat bentuk tubuh, warna dan alat kelaminnya. Nila jantan bertubuh lebih pendek atau agak membulat, warna tubuh agak cerah dan memiliki sebuah alat kelamin yang memanjang. Alat itu digunakan sebagai tempat untuk mengeluarkan sperma dan air kencing.

Sedangkan betina bertubuh agak panjang, berwarna agak kusam dan memiliki dua alat kelamin yang membulat. Satu lubang sebagai tempat keluarnya telur dan satu lagi sebagai tempat keluarnya telur. Kedua jenis kelamin itu dapat dibedakan dengan mudah sejak benih ukuran 10 – 12 cm. perbedaan itu akan nampak setelah dewasa.

Namun dapat membedakan antara induk jantan dan betina tersebut, tidaklah cukup bagi seorang pembudidaya, karena tidak semua calon induk baik untuk dijadikan induk. Banyak calon induk yang sepintas lalu terlihat baik, tetapi kenyataannya terjadi sebaliknya. Keadaan itu sangat merugikan pembudidaya, hasil panen yang didapat tidak memuaskan. Karena itu induk-induk harus berkualitas baik. tanda induk yang baik dapat diketahui dari umur, bentuk tubuh dan asal usulnya.

Tanda induk nila merah yang baik adalah sebagai berikut : 1. mulai bertelur pada umur 6 bulan. 2. Pada umur itu, ukuran ikan sudah mencapai minimal 300 gram. 3. Bentuk tubuh normal atau tidak cacat. 4. Bersisik besar dan tersususn rapi. 5. Kepala relatik kecil, lebih kecil dari tubuh. 6. Berdaging tebal. 7. Berwarna merah atau pink, tetapi tidak memiliki bercak hitam, dan 8. Gerakannya lincah.