Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

01 June 2008

Budidaya Nila Merah - Membeli induk

Seri budidaya ikan nila merah. Induk merupakan sarana produksi utama dalam pembenihan. Sarana produksi ini harus tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang baik. Bagi pemula, tentu saja untuk mendapatkan induk itu harus dengan membeli dari pihak lain. Tetapi dalam membeli induk harus hati-hati, atau tidak boleh sembarangan. Misalnya dengan membeli induk yang tidak jelas asal-usulnya.

Tentu saja harapan seorang pembudidaya untuk mendapatkan induk yang berkualitas baik, karena dari induk yang berkualitas baik akan diperoleh benih yang berkualitas baik pula, dan itu akan menjadi cikal bakal, dan juga penerus pada generasi berikutnya yang baik pula. Jika sembarangan membeli induk, tentu apa yang akan didapat terjadi sebaliknya.

Salah satu sumber induk nila merah yang bisa dipercaya adalah balai-balai penelitian perikanan. Sumber lainnya adalah balai-balai benih ikan (BBI), dan instansi-instansi terkait lainnya. Karena pada instansi-istansi itu, asal-usul induk lebih jelas, dan cara penyediaannya sudah terprogram dengan jelas pula. Jadi induk dari tempat-tempat itu lebih terjamin kualitasnya.

Namun kadang kala ketersediaan induk di tempat-tempat itu sangat terbatas, karena selain harus menyediakan untuk kebutuhan sendiri, juga harus menyediakan untuk kebutuhan pembudidaya yang jumlahnya sangat banyak. Sumber-sumber induk lainnya yang bisa adalah para pembudidaya yang sudah diakui oleh instansi pemerintah atau telah dibina oleh balai-balai penelitian.

Berikut ini beberapa tip buat anda sebagai pemula dalam membeli induk ikan baung dari pembudidaya.

a. Belilah induk nila merah ketika masih calon induk, yaitu ikan yang masih berukuran 300 gram.. Kerena pada umur itu, ikan belum pernah memijah. Selain itu, sebelum dipijahkan, induk-induk tersebut harus diadaptasikan terlebih dadulu di lingkungan barunya, agar telur-telutnya berkualitas baik. Oleh sebab itu, induk-induk tersebut harus dibeli 1 – 2 bulan sebelumnya. Induk-induk tersebut dipelihara sampai matang gonad, atau hingga siap untuk dipijahkan.

b. Belilah satu jenis kelamin nila merah dari seorang pembudidaya pada suatu tempat. Misalnya jenis kelamin betina saja, sedangkan induk jantan dibeli dari pembudidaya di tempat lain yang berjauhan, atau sebaliknya. Jangan sekali-kali membeli induk jantan dan betina dari satu seorang pembudidaya dari satu tempat. Karena kemungkinan besar kedua jenis induk itu berasal dari satu keturunan. Bila nantinya kedua jenis induk itu dipijahkan, maka akan terjadi perkawinan dalam, atau inbreeding. Inbreeding dapat berakibat kurang baik, dan dapat menurunkan kualitas genetik, hingga kualitas benih menjadi kurang baik.