Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

02 May 2008

Hama ikan dan pengendaliannya

Hama ikan dapat diartikan sebagai suatu organisme yang berukuran lebih besar atau sama dengan ikan yang dapat memangsa secara langsung atau secara bertahap (Arie, 2001). Secara langsung artinya ikan, terutama benih dimakan langsung masuk dalam mulut. Secara bertahap artinya bullfrog dimakan sedikit demi sedikit. Kerugian yang diakibatkan hama biasanya tidak lebih besar dibandingkan dengan penyakit, kecuali bila jumlahnya sangat banyak.

Hama dalam kolam bisa berasal dari luar atau memang sudah ada di dalam kolam itu. Hama dari luar bisa masuk ke dalam kolam bisa melalui aliran air. Hama yang masuk melalui aliran dapat disebabkan oleh tidak dipasangnya saringan di pintu air yang masuk ke kolam.

Hama juga bisa masuk melalui pematang. Hal ini terjadi karena kolam tidak dipagar, dipagar tetapi berlubang. Sedangkan hama yang sudah ada di dalam kandang terjadi karena lingkungan kolam kotor sehingga memungkinkan hama bersarang.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah adanya serangan hama di lokasi pembudidayaan bullfrog adalah dengan : (1). Mengeringkan bak atau kolam yang akan digunakan sehingga hama-hama akan mati. 2. Melalukan pengapuran pada saat persiapan kolam atau bak.

(3). Memasang saringan pada pintu air masuk sehingga hama-hama tidak bisa masuk ke kolam. (4). Melakukan filterisasi, yakni air yang masuk ke areal kolam atau kandang bullfrog harus melalui filter terlebih dahulu sehingga hama-hama dapat tertahan oleh filter tersebut. (5).Memberantasan hama, baik secara mekanik, biologis maupun secara kimiawi.