Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

05 May 2008

Budidaya Ikan Betutu - Klasifikasi dan morfologi

Mengenal tubuh bagian luar adalah upaya untuk mengenal morfologi ikan betutu. Caranya dengan melihat bentuk tubuh, warna tubuh, dan organ-organ tubuh bagian luarnya. Hal ini penting diketahui untuk dapat membedakan dengan ikan lain, terutama ikan-ikan yang mirip dengan ikan betutu. Selain itu, pengetahuan ini juga penting nantinya dalam perlakukan selama proses pembudidayaannya.

Dilihat dari samping, tubuh betutu memanjang, dengan perbandingan panjang badan dan tinggi badan 4 : 1. Bila dipotong pada bagian tubuh yang paling tinggi, perbandingan lebar badan dan tinggi badan 1 : 1,5. Dengan perbandingan seperti itu tubuh betutu bisa dibilang membulat. Tubuh betutu terdiri dari kepala, badan dan ekor dengan perbandingan ketiganya 1 : 4 : 1. Tubuh besar pada bagian kepala kemudian mengecil ke bagian ekor.

Kepala bisa dibilang besar bila dibandingkan dengan ukuran tubuh. Tutup insang, mata, hidung, mulut menghiasi bagian itu. Tutup insang berupa lempengan yang menutup bagian belakang kepala yang bisa membuka dan menutup. Mata kecil dengan bagian tengah berwarna coklat muda dan bagian tepi berwarna coklat agak tua yang melingkar seperti cincin. Hidung juga kecil dan terletak di bagian atas kepala. Sedangkan mulut berada di depan kepala yang membelah hampir sebagian kepala.

Seluruh tubuhnya ditutup dengan sisik-sisk kecil, mulai dari belakang kepala sampai perbatasan pangkal ekor dengan warna dasar coklat muda. Pada bagian tertentu adan bercak-bercak hitam dan coklat tua, yang divariasi dengan titik-titik dengan warna yang sama. Pada bagian itu pula, sirip-siripnya menempel. Betutu memiliki lima buah sirip, yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubuh dan sirip ekor. Kelima sirip nampak besar.