Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

05 May 2008

Budidaya Ikan Betutu - Habitat dan penyebaran

Tak sulit untuk mengetahui habitat atau tempat hidup ikan betutu. Karena betutu bukan ikan pendatang, tapi ikan asli Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan yang tenang, seperti danau, rawa, waduk, dan perairan tenang lainnya, terutama di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Hidup bukan di daerah yang dalam, tetapi lebih suka di daerah yang dangkal. Ikan betutu tidak senang pada perairan yang deras, karena ikan ini sangat fasif, atau lebih banyak diam.

Betutu besar senang diam di dasar perairan. Kadang membenamkan tubuhnya ke permukaan dasar perairan. Karena sifat inilah, ikan betutu disebut Sand Goby. Sedangkan betutu kecil lebih suka menempel pada benda-benda yang ada di perairan itu. Meski fasif, ikan betutu memerlukan oksigen tinggi, karena tubuhnya tidak dilengkapi dengan alat pernapasan bantuan tambahan seperti pada ikan lele, dan gurame. Karena itu dalam pemeliharaan, air harus tetap mengalir.

Tak hanya di Indonesia, ikan betutu juga banyak ditemukan di negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Penyebarannya tidak seluas ikan sidat yang mendunia. Ikan betutu hanya tersebar di Asia Tenggara saja. Meski tidak mendunia, ikan ini cukup dikenal di beberapa negara. Karena dagingnya yang putih bersih, dan cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuat osisi.

Daftar pustaka :