Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

30 May 2008

Budidaya Nila Merah - Klasifikasi dan morfologi

Nila merah dikelasifikasikan kedalam : Phyllum : Chordata, Sub phyllum : Vertebrata, Class : Pisces, Sub class : Acanthopterigii, Family : Cichildae, Genus : Oreochromis, Species : Oreochromis sp.

Nila merah berbadan panjang dengan perbandingan antara panjang dan tinggi badan dua banding satu. Kemudian jika dipotong di bagian tengah dari tubuhnya memiliki perbandingan antara tinggi dan lebar badan empat banding satu. Jadi nila merah bisa dikatakan berbadan gepeng.

Tubuh nila merah terbagi tiga bagian, yaitu kepala, badan dan ekor. Ketiganya memiliki perbandingan satu banding dua banding satu. Mulut, mata, hidung dan tutup insang terdapat pada kepala. Mulut kecil membelah bagian depan kepala. Sepasang mata besar berada di bagian atas kepala. Sepasang lubang hidung kecil berada di depan mata. Tutup insang menutup sebagian belakang kepala.

Nila merah termasuk ikan bersisik. Sisik berjenis cycloid menutup seluruh permukaan badan. Pada bagian itu melekat warna. Warna nila merah berwarna macam, ada yang berwarna pink, ada yang berwarna albino, ada yang albino bercak mera, dan ada juga yang pink bercak hitam, tetapi semua warna itu berdasar merah.

Nila memiliki lima buah sirip, yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anus dan sirip ekor. Sirip punggung memanjang mulai dari belakang tutup insang hingga pangkal ekor. Sirip dada sepasang dengan kecil dan memanjang. Sirip perut juga sepasang, tetapi kecil dan pendek. Sirip anus agak panjang. Sirip ekor membulat.

Untuk membedakan ikan jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk tubuh, warna dan alat kelaminnya. Nila jantan bertubuh lebih pendek atau agak membulat, warna tubuh agak cerah dan memiliki sebuah alat kelamin yang memanjang sebagai tempat keluarnya sperma dan air kencing. Warna itu akan semakin cerah ikan jantan sudah matang gonad atau siap untuk kawin.

Sedangkan betina bertubuh agak panjang, berwarna agak kusam dan memiliki dua alat kelamin yang membulat. Satu lubang sebagai tempat keluarnya telur dan satu lagi sebagai tempat keluarnya telur. Kedua jenis kelamin itu dapat dibedakan dengan mudah sejak benih ukuran 10 – 12 cm. perbedaan itu akan nampak setelah dewasa.