Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

03 May 2008

Budidaya Ikan Baung - Kolam pendederan

Kolam pendederan ikan baung adalah tempat untuk memelihara benih lepas akuarium atau berumur 14 hari hingga benih yang siap untuk dipelihara di kolam pembesaran. Kolam pendederan ikan baung terdiri dari tiga buah, yaitu kolam pendederan pertama, kolam pendederan kedua, dan kolam pendederan ketiga.

Kolam pendederan sebaiknya bukan kolam beton, tetapi kolam tanah, karena kolam tanah lebih baik dari kolam beton. Di kolam tanah, pakan alami dapat tumbuh subur, sehingga pakan larva selalu tersedia dalam waktu yang lebih lama. Tentu saja hal ini akan menjadikan benih dapat tumbuh lebih cepat. Kolam beton kurang subur karena proses peruaian bahan organik kurang sempurna, atau hanya pada bagian dasar saja.

Kolam pendederan ikan harus luas, yaitu berukuran antara 500 – 1.000 m2. Kolam seluas ini dapat dengan mudah dikelola, mulai dari persiapan sampai penen. Selain itu, kapasitasnya cukup besar untuk memelihara benih. Pada kolam pendederan, selain lubang pemasukan, dan pengeluaran air, kolam pendederan harus dilengkapi dengan kemalir, agar memudahkan dalam pemanenan benih.

Daftar pustaka :