Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

02 May 2008

Penyakit mata putih pada kodok lembu

Gejala mata putih pada kodok lembu

Pada bullfrog yang terserang penyakit ini matanya berubah menjadi putih. Bila serangannya parah matanya bengkak keluar dan bullfrog bisa buta. Setelah buta biasanya bullfrog tidak dapat melihat makanan (tidak makan), kondisinya akan menurun, kemudian mati

Penyebab

Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, tetapi diperkirakan disebabkan oleh sejenis bakteri. Selain bakteri, penyakit ini dapat pula disebabkan oleh sinar matahari yang terlalu banyak atau bisa juga akibat pantulan sinar mtahari dari kandang yang berwarna muda dan menimbulkan pantulan cahaya.

Pengendalian

Penyakit mata putih dapat disembuhkan dengan menggunakan penicillin atau obat mata pada manusia. Caranya dengan mengolesi bagian mata yang terserang. Pengobata dilakukan berulang-ulang sampa mata bullfrog sembuh. Menurut beberapa orang petani di Bandung, bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati mata putih adalah larutan daun sirih. Bullfrog yang terserang diambil, kemuduan dibiarkan berendam dalam larutan daun sirih. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga lingkungan tetap baik dan menghindari kandang yang terlalu banyak sinar matahari, misalnya dengan memasang atap.

Daftar pustaka :