Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

02 May 2008

Penyakit kembung pada kodok lembu

Gejala kembung pada kodok lembu

Kembung (dropsy) umumnya menyerang bullfrog dewasa, tetapi sering juga menyerang percil. Bullfrog yang terjangkit ditandai dengan perutnya yang kembung, gerakannya tidak seingbang kadang terapung sebelah, nafsu makannya menurun, dan respon terhadap suatu rangsangan menurun. Bila dibedah akan tampak lambungnya dan ususnya bengkak.

Penyebab

Penyebab kembung pada bullfrog disebabkan karena pemberian pakan tidak teratur. Kadang diberi pakan, kadang tidak. Selain itu dapat disebabkan oleh serangan patogen, seperti parasit, virus, dan bakteri.

Pengendalian

Penyakit kembung dapat dicegah dengan pemberian pakan tambahan yang teratur. Sedangkan pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian pakan yang sudah diberi obat maag pada manusia, seperti promag, dan dialet sampai sembuh, tetapi sebelumnya bullfrog yang terserang harus dipisahkan dan dipuasakan terlebih dahulu.

Daftar pustaka :