Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

01 June 2008

Ikan Mas - nila - patin - bawal - Syarat lahan budidaya ikan

Lahan nila merah dan ikan-ikan lainnya adalah tanah yang digunakan untuk membangun fasilitas budidaya nila merah. Tanah itu harus memenuhi tiga persyaratan pokok, yaitu persyaratan teknis, sosiologis, dan ekonomis. Pemenuhan persyaratan itu bertujuan agar proses produksi nila dapat berjalan lancar sepanjang tahun dan tidak menemukan banyak kendala dalam pelaksanaannya, sehingga target produksi dapat dicapai.

Secara teknis, lahan budidaya untuk ikan nila merah harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut : a. Dekat dengan sumber air, tapi bukan daerah banjir, b. Kualitas airnya baik dan tidak tercemar oleh limbah industri dan logam berat, c. Air mengalir kontinu sepanjang tahun, d. Berada pada ketinggian maksimal 800 m di atas permukaan laut, e. jenis tanahnya baik dan tidak porous, f. luas lahan sesuai dengan skala usaha.

Secara sosiologis, lahan budidaya untuk ikan nila merah harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut : a. Dapat menjaga lingkungan hidup dan kelestarian alam. b. Menggunakan sumber daya alam yang ada di se-kitarnya. c. Menggunakan tenaga kerja penduduk sekitarnya. d. Keamanan terjamin atau tidak diganggu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab; e. Memperoleh ijin tokoh-tokoh setempat, terutama bagi pendatang.

Secara ekonomis, lahan budidaya untuk ikan nila merah harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut : a. Dekat dengan daerah pemasaran. b. Tersedia prasarana jalan yang baik dan sarana angkutan yang memadai. c. Lokasi tidak jauh dari pusat kota agar sarana produksi mudah diperoleh dan harganya tidak terlalu mahal; d. Sarana produksi mudah didapat, sehingga bila dibutuhkan segera dapat diperoleh; e. Sarana perhubungan lain, seperti telepon lancar, sehingga mudah dalam komunikasi.