Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

31 October 2008

Jenis Pukulan Cupang Adu

Tak semua mania cupang adu tahu tentang jenis-jenis pukulan hewan kesayangan. Mereka lebih asyik menyaksikan gladiatornya berlaga dengan melakukan serangan bertubi-tubi ke arah tubuh lawan hingga lawannya babak belur. Mereka lebih asyik gladiatornya berjuluk sebagai pemenang. Nah, seperti apa sebutan pukulan cupang adu. Inilah yang akan diinformasikan. Tulisan ini disadur dari Buku Atlas Cupang Hias dan Cupang Adu (Bambang Eka Perkasa dan Farry B. Paimin) Penebar Swadaya, Jakarta.

  • Pukulan baling adalah pukulan yang dilancarkan dengan membalikan atau memutar tubuh saat menyerang lawan.Pukulan baling seri sentak adalah pukulan yang dilancarkan secara berulang-ulang dengan cara memutarkan tubuhnya kemudian dilanjutkan dengan menggigit bagian tubuh lawan, dan gigitan tersebut dilepas dengan tiba-tiba.
  • Pukulan nombat adalah pukulan yang dilancarkan dengan cara membenturkan ring bibir ke bagian tubuh lawan atau lebih populer disebut nyontok.
  • Pukulan nombak baling adalah pukulan yang dilancarkan dengan cara membalikan tubuh dan diikuti dengan membenturkan ring bibirnya ke bagian tubuh lawan.
  • Pukulan nombak brebet adalah gaya pukulan yang mirip dengan pukulan nombak, tetapi dilanjutkan dengan mendorong tubuh lawan dan disertai dengan gigitan.
  • Pukulan nombak brebet sentak adalah pukulan yang mirip dengan pukulan nombak brebet, gigitan di bagian tubuh lawan disentakan. Pukulan ini dianggap mematikan.
  • Pukulan nyeset atau nyisikin adalah pukulan yang secara sepintas nampak tidak mengenai sasaran, tidak terarah dan ringan. Kelebihan pukulan ini adalah bila dilancarkan cupang adu yang bergigi tajam maka dalam sekejap sisik lawan akan terlepas.