Dapatkan buku-buku karya Usni Arie terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

05 May 2008

Budidaya Ikan Patin - Kapur dan obat-obatan

Seri budidaya ikan patin

Kapur

Sarana produksi lainnya yang cukup penting adalah kapur. Kapur digunakan pada saat persiapan kolam. Pengapuran pada umumnya memiliki beberapa tujuan, di antaranya untuk menaikan pH (derajat keasaman), meningkatkan alkalinitas, serta memberantas hama dan penyakit.

Jenis kapur yang umum digunakan yaitu kapur tohor (CaC03) - kapur yang biasa digunakan sebagai pencampur bahan bangunan. Kapur ini dapat diperoleh di toko bahan bangunan. Jumlah yang harus disediakan tergantung dari kebutuhan, kolam yang luasnya 1.000 m2 membutuhkan rata-rata 25-50 kg kapur.

0bat-obatan

Obat- obatan juga merupakan sarana produksi yang harus disiapkan sebelum proses produksi sebagai tindakan antisipatif, karena penyakit terkadang bisa datang secara mendadak dan jika tidak segera ditanggulangi akan berakibat fatal. Untuk mengantisipasi keadaan darurat karena wabah penyakit setidaknya harus menyediakan obat-obatan seperti formalin, metthylene blue dan PK.